Minggu, 10 Februari 2013

Pengertian UPS, 7 Tips Merawat UPS, dan 4 Tips Melilih UPS


Pengertian UPS ini pasti penting buat kamu-kamu yang komputernya on terus kali ini saya saranin buat makek UPS ini, soalnya listrik pasti penting buat setiap computer seperti halnya server, warnet atau pun kasir di supermarket kalau mati lampu kan gawat tu? nah dengan UPS ini  saya jamin masalah bakalan teratasi, 
Apa itu UPS? 
UPS adalah  Uninterruptible Power Supply yang merupakan peralatan listrik yang fungsi utamanya adalah untuk menyediakan listrik tambahan pada bagian tertentu dari komputer, seperti halnya monitor,cpu atau bagian lain yang penting untuk mendapatkan asupan listrik secara terus-menerus
UPS juga disebut sebagai baterry backup (Uninterruptible Power Supply)
Cara Kerja dan Manfaat UPS
UPS (Uninterupted Power Supply) adalah alat yang dapat menyimpan arus listrik 220volt kedalam batery 12volt dan mengeluarkannya lagi dalam 220volt.
UPS sendiri berbagai bentuk tapi biasnya yang banyak di jumpai di pasaran berbentuk kotak UPS sendiri biasa di letakkan di lantai dekat komputer, seperti halnya stalvolt. Semua Uninterruptible Power Supply berat di karenakan ada battery atau aki kering  dalam alat tersebut, UPS bekerja di tegah-tengah peralatan, yaitu di colokan ke sumber listrik(tegangan jala-jala) sementara itu komputer bersama accesorisnya (printer,speaker aktif,etc) di tancapkan di output UPS untuk mendapatkan suplay listrik. 
Satu atau lebih baterai yang terletak pada UPS menyediakan listrik yang menancap padanya sehingga kalau pun listrik mati peralatan tersebut masih teraliri listrik. dan seringkali bisa di ganti yang baru, sehingga komputer masih aman  
RANGKUMAN : UPS sebagai penyimpanan listrik sementara bukan untuk menstabilkan arus listrik UPS hanya stabil ketika listrik mati.
 
Berikut ini ada 7 tips dan cara merawat UPS agar lebih awet dan tahan lama :

1. Untuk UPS baru pastikan untuk mencharge terlebih dahulu selama kurang lebih 8 jam hingga 12 jam agar performa batereinya bagus
2. Gunakan UPS sesuai spesifikasinya atau beban seharusnya. Penggunaan yang tidak sesuai beban akan menyebabkan baterry cepat rusak. Biasanya beban yang direkomendasikan hanya separuh dari yang tercantum pada UPS.
3.  Jaga UPS agar tidak sampai kehabisan baterai ketika memback up pemadaman listrik. Rata – rata UPS dapat memback up hingga 15 - 30 menit tergantung kegunaan untuk peralatan komputer, setelah itu UPS tidak tahan dan akan mati dengan sendirinya. Karena itu, begitu listrik padam sebaiknya segera lakukan persiapan untuk mematikan komputer dengan aman.
4. Cabut sumber listrik UPS bila sedang tidak digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama contoh: 1 bulan,1tahun untuk menghindari panas terus menerus. Hal ini juga untuk menghindari panas pada stop kontak listrik dari UPS tersebut, kalau jangka waktu satu hari atau beberapa hari tidak akan mempengaruhi UPS atau pun  stop kontak listrik
5. Letakkan UPS pada tempat yang agak terbuka agar hawa panas yang dihasilkan ketika beroperasi bisa tersirkulasi dengan baik.
6. Restart UPS dengan waktu kurang lebih 5 detik setelah Anda mematikan UPS, jangan langsung mematikan dan menghidupkannya secara tiba – tiba.
7. Gunakan UPS hanya untuk kegunaannya saja seperti peralatan komputer yaitu CPU dan monitor. Jangan gunakan untuk peralatan elektronik lain yang tidak diperlukan.

Skema cara kerja UPS:
 
 
 
 
 
 


4 Tips Sebelum Membeli dan Memilih UPS Komputer  :
Kalau anda ingin membeli UPS pertama kali, silakan anda perhatikan point-point Kriteria dalam memilh UPS yang bagus dan sesuai kebutuhan anda :

1. Pastikan anda membeli UPS mempunyai daya yang lebih besar dari pada Power Supply computer anda. Power Supply biasanya dalam satuan watt sementara kapasitas UPS dalam satuan VA.
Satuan watt dan satuan VA tidak sama ( Watt = VA X Power Factor ) biasanya di kardus UPS tertera beberapa besar Kapasitas VA dan Power Factor
2. Cek kapasitas baterai. Berapa lama UPS dapat hidup (membeckup) ketika listrik padam biasanya sekitar  15 - 30 menit tergantung pemakaian .
3. Pastikan UPS di lengakapi dengan AVR (stabilizer) dan Fuse (anti petir) yang berkualitas, sehingga jika tegangan listrik turun atau pun tidak stabil, maka kerusakan di computer atau komponennya dapat di cegah
4. UPS memiliki transfer time yang kecil, sehingga ketika listrik padam UPS dengan cepat menganti pasokan daya dan komputer tidak mengalami restart 

one.dream.success Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

24 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...

    AXIOO TNW C825R
    Price Rp 3.575.000

    Spesifikasi :

    Processor Onboard : Intel Quad Core N2940 - Up to 2,25GHz
    Memori Standar : 2 GB DDR3
    Tipe Grafis : Intel HD Graphics
    Ukuran Layar : 14”
    Resolusi Layar : 1368 x 768
    Tipe Layar : LED
    Sound : integrated
    Hard disk : 500 GB
    : WiFi, Cardreader, HDMI
    : Webcam, Bluetooth

    Optical Drive : DVD/RW Super Multi
    Keyboard : Standar Keyboard
    Dimensi (PTL) : 344(W) x 246(D) x 24.8(H)mm
    Berat : 1,85 Kg

    Kunjungi website kami untuk produk lainnya



    Terimakasih.... :)

    BalasHapus
  2. http://www.dcintegra.com/promo/20-persen-off-for-ups-protecta

    BalasHapus
  3. Santekno : oh jadi kyk gitu gan. Terimakasih banyak gan :D

    BalasHapus