Senin, 03 Oktober 2016

PENGERTIAN FUNGSI DAN PENGUNAAN PROTOCOL OSI LAYER


TCP/IP 
Pengertian TCP/IP adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup network/jaringan. TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.
Fungsi TCP/IP
  • Umumnya TCP / IP digunakan untuk pengiriman file dalam satu jaringan. 
  • TCP / IP juga sering dimanfaatkan untuk keperluan “Remote login”
  • Computer mail.
  • Telnet, dll.
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) 
SMTP adalah protokol yang cukup sederhana, berbasis teks dimana protokol ini menyebutkan satu atau lebih penerima email untuk kemudian diverifikasi. Jika penerima email valid, maka email akan segera dikirim. SMTP menggunakan port 25 dan dapat dihubungi melalui program telnet. Agar dapat menggunakan SMTP server lewat nama domain, maka record DNS (Domain Name Server) pada bagian MX (Mail Exchange) digunakan.
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) didefinisikan dan digunakan dalam Internet untuk mengirimkan electonic mail (E-mail). Cara kerja SMTP mirip yang dilakukan oleh FTP. SMTP menggunakan beberapa spool dan queue. Pesan yang dikirim oleh SMTP akan dikirimkan dalam queue. SMTP akan menghindari membalas pesan dari queue jika dihubungkan ke remote machine. Jika pesan tidak dapat dibalas dengan waktu yang telah ditentukan maka pesan akan dikembalikan ke pengirim atau dipindahkan. Interaksi antara message ke User Agent dan ke Message Transfer Agent hingga diterima oleh Penerima.
POP3 (Post Office Protocol)
Sebuah protocol di dalam jaringan internet yang memiliki fungsi seperti bis surat, dan digunakan di dalam email client yang kita miliki untuk mengambil dan membaca email atau surat elektronik yang masuk.
Berfungsi untuk mengaktifkan message access agent (MAA) dibutuhkan protocol POP versi 3 POP3 memiliki 2 mode , yaitu delete mode dan keep mode . Dengan delete mode pesan akan tetep di simpan di server walaupun telah dibaca oleh client
IMAP (internet mail access protocol )

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.
IMAP juga menyediakan tambahan fungsi di banding POP3 ,dimana dengan IMAP4 client dapat mengatur melakukan proses baca email ,pengaturan folder email dan lain-lain di server email tanpa harus mengambil email tersebut terlebih dahulu untuk disimpan dikomputer client
Cara kerja IMAP adalah email client melakukan koneksi ke server email, lalu melakukan sinkronisasi folder. Apabila kita mengklik/ mengakses sebuah folder, maka daftar email berikut isinya (?) juga didownload. Apabila kita menghapus sebuah email, maka email pada server juga dihapus. Dengan kata lain, protokol IMAP seakan-akan memindahkan semua isi mailbox kita ke e-mail clent kita sendiri

FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP Server dan FTP Client. FTP juga bisa dikatakan sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah framework.
Fungsi FTP Server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file (File Exchange), yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapatkan request atau permintaan dari FTP Client. FTP Client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP Server untuk tujuan tukar menukar file (Upload dan Download File).
HTTP (Hypertext Trasnfer Protocol )
HTTP merupakan standar protocol yang digunakan untuk mengakses halaman web. HTTP mengunakan well known port 80 untuk melakukan komunikasi .client akan memberikanrequest ke server HTTP dan server akan memberikan respon sesuai dengan permintaan dari client komunikasi ini menggunakan model client - server
HTTPS (Hypertext Transfer Protokol Secure)
HTTPS meruppakan gabungan dari HTTP dengan SSL(Secure Socket Layer) TLS(Transport Layer Security) protokol. Seluruh komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dan di analisa dengan tujuan untuk keamanan ketika terjadi transaksi data melaui internet.
Fungsi  HTTPS adalah untuk menjaga kemanan data dari hacker yang berniat membajak sebuah dokumen secara ilegal. Sedangkan tujuan HTTPS adalah untuk mengantisipasi terjadinya eror program sebuah data dan kerusakan server akibat kegagalan koneksi yang disebabkan perusahaan yang di buat oleh pakar hacker yang tidak bertanggung jawab
ICMP (Internet Control Message Protocol)
ICMP adalah peralatan-peralatan yg terhubung melalui jaringan internet untuk keperluan analisa jaringan. Penggunaan ICMP yang terkenal adalah ping dan traceroute. digunakan untuk memberikan pesan error jika suatu layanan (service) yang diminta tidak ada, atau jika komputer atau router yang berusaha dicapai tidak dapat dihubungi.
UDP (User Datagram Protocol), 
UDP yaitu suatu protokol yang berada pada lapisan transpor TCP/IP yang bekerja pada lapisan antar host untuk membuat komunikasi yang bersifat connectionless
Cara kerja UDP
  • Paket berisi port client dan port sumber berbentuk file text dikirimkan ke server dalam UDP header 
  • Paket berisi port client dan port sumber berbentuk file audio dikirimkan ke server dalam UDP header
  • UDP tujuan membaca nomor port tujuan dan memproses data 
  • Paket asli memiliki port tujuan sehingga server dapat mengirimkan data kembali ke ftfp client
 PPP (Point to Point protocol)
PPP adalah platform yang digunakan untuk menghubungkan komputer individu atau jaringan komputer ke  internet service provider. Sambungan dibuat antara dua titik, oleh sebab itu disebut Point-to-Point. PPP dianggap menjadi solusi terbaik untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
Cara kerja PPP
  • PPP menyediakan dua metode otentikasi, yaitu: pasword Authentication Protokol yang menggunakan password untuk mengotentikasi 
  • PPP memungkinkan berbagai jenis protokol berfungsi pada platform dan pada link yang sama. 
  • PPP juga selain itu  memeriksa link yang dibentuk oleh protokol termasuk yang disebut dengan fasilitas link level echo yang memeriksa jika link beroperasi dengan benar.
LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) 
LDAP adalah sekumpulan obyek yang memilki atribut yang secara logika maupun hirarki terorganisasi dengan baik. Direktori ini dapat mendeskripsikan banyak informasi seperti informasi tentang manusia, organisasi, aturan-aturan, layanan dan banyak entitas lainnya

TELNET (Telecommunications Network Protocol)
TELNET adalah suatu protocol yang memungkinkan penggunanya dapat login dan bekerja pada sistem jarak jauh, seperti jika terdapat program maupun file yang tersimpan pada komputer jarak jauh tersebut berada di komputer pengguna itu sendiri. Singkatnya Telnet merupakan perangkat lunak (softwere) yang digunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.
Fungsi Telnet adalah untuk dapat mengakses komputer dari jarak jauh. Karena Telnet dapat memungkinkan komputer penggunanya menjadi terminal dari komputer yang lain di jaringan internet. Dan Telnet memungkinkan penggunanya dapat melakukan login sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang terdapat pada komputer tersebut. Itulah fungsi utama dari Telnet.
 SSH (Secure Shell)
SSH adalah akronim dari Secure Shell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman.
Fungsi SSH dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp, dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagai network admin di berbagai belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN.
SSL (Secured Socket Layer)  
SSL adalah protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain. Keamanan dijamin dengan menggunakan kombinasi dari kiptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri bersamaan dengan sebuah infrastruktur sertifikat. 
SSL adalah protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain. Keamanan dijamin dengan menggunakan kombinasi dari kiptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri bersamaan dengan sebuah infrastruktur sertifikat.
ARP (Address Resolution Protocol)
ARP ialah sebuah protokol yang berfungsi sebagai lapisan transfer data pada lapisan OSI 2. Dan juga mempunyai fungsi sebagai penanggung jawab mac address dari sebuah Host yang sudah terhubung dengan jaringan LAN, yang mana caranya dengan memanfaatkan IP address yang sudah terkonfigurasi dengan Host yang bersangkutan.
Fungsi ARP
  • Segmentasi / reassembly dilakukan oleh UDP (atau serupa)
  • Resequencing (jika diperlukan)
  • Deteksi kehilangan kualitas estimasi, pemulihan
  • Intra-media sinkronisasi: menghapus delay jitter melalui playout penyangga 
  • Intra-media sinkronisasi: Drifting sampling jam 
  • Sinkronisasi antar-media (lip sync antara audio dan video)
  • Kualitas pelayanan dari umpan balik dan tingkat adaptasi 
  • Identifikasi sumber




REFERENSI 

BUKU 
Jaringan Komputer
oleh Leanna Vidya Yovita, M.T.,Indrarini Dyah, Irawati, M.T.
one.dream.success Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

1 komentar:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160k women and men are utilizing a simple and SECRET "liquid hack" to lose 1-2 lbs each and every night while they sleep.

    It's easy and works every time.

    Just follow these easy step:

    1) Take a glass and fill it up with water half glass

    2) Proceed to learn this strange HACK

    so you'll be 1-2 lbs lighter the next day!

    BalasHapus